Selasa, 14 Juni 2011

PASAR APUNG DAMNOEN SADUAK

Inget2 g kan pernah ke pasar terapung di Bangkok pas pergi bareng bonyok n keluarga aunty. Cerita ttg pasar ini dapet kehormatan untuk jadi tulisan jalan2 pertama di blog ini deh. Nama pasarnya Damnoen Saduak, dia letaknya 100 km-an lah dari Bangkok, rada di luar kota gitu.

Kita ambil paket tur customize dari penjaga hotel tempat kita nginep waktu itu. Jadi rombongannya cuma keluarga g aja, total ber-6, diangkutnya pake mobil van travel, itinerarynya dari hotel langsung menuju dermaga trus pindah naik kapal buat nyusurin kanal yg ujung2nya adalah si floating market itu. Dari floating market, sebenernya kita acaranya mampir ke taman bunga apa gitu, tp dasar keluarga g bukan penikmat keindahan alam, alih2 ke si taman bunga, kita malah minta sopir belokin mobil ke supermarket Big C buat belanja cemil2an hehehe. Sekilas info, Big C tuh jenis hypermart merk asli Thailand, barang2 jualannya jg banyak bgt produk lokal n harganya murah kayak Carrefour di Jakarta. Kalo mau cari cemilan khas Thailand banyak tuh disitu.

Dari hotel kita langsung menuju ke 'dermaga'  n berganti naik perahu kecil menuju pasar apungnya. Sampai di dermaga, sebelom naik ke perahu, kita semua disuguhi kelapa muda masing2 1 buah, gak usah bayar alias gratis. Gak gratis deng, kan kita bayar paket turnya.


Untuk sampai ke pasar apungnya, kita naik perahu motor kecil menyusuri kanal, tp pemandangan yg kita liat jgn dibayangin kaya pemandangan menyusuri kanal di Venezia ya :) Di sisi kiri kanan kita semuanya rumah penduduk yg kumuh, kadang kita bisa liat penghuninya beraktifitas. G liat ada nenek lg motong sayur trus cucinya lgs pake air kanal yg coklat2 gak jelas itu, euww... Sebelom dianter ke pasarnya, kita mampir dulu ke tempat bikin air gula dari kelapa. Disitu kita dikasih liat cara bikinnya n dikasih icip sirop gula kelapa, rasanya enaaak, lebih enak dari gula tebu, ada wangi2 kelapanya gitu.








Abis liat2 cara bikin gula kelapa, lanjut lg menuju pasar apungnya. Pasar apung kan harusnya banyak penjual2 segala rupa naek perahu tapi disini banyaknya kios2 di pinggir kanal. Penjual2 yg naek perahunya justru gak gitu banyak, nah loh. Yg dijual di kios pinggir kanal kebanyakan suvenir2, lucu2 sih tp berhubung g bukan tipe pembelanja barang2 printilan yg abis dibeli gak tau buat apa jd yah g cuma liat2 aja deh.







Ternyata setelah lewatin sederetan kios, ada bangunan pasar di pinggir kanal, ada dermaga kecil kalo mau merapat n turun buat liat2 pasarnya. Di deretan paling depan banyak penjual makanan n minuman, di dalemnya gak tau deh ada apa, kita gak bisa merapat n turun di pasar itu krn perahu yg kita naikin ternyata terlalu gede. Yg bs merapat disitu mereka2 yg naik sampan kecil, model yg didayung sama orangnya. Iiiih nyesel deh gak bisa turun n jajan2 di pasar, keliatannya menarik sekali loh sebenernya.






Abis ngelewatin pasar, kita diajak mampir ke sebuah kuil kecil, tidak ada yg terlalu spesial disini. Kita cuma turun dari perahu, poto2 narsis bentar trus lgs cabs balik lagi ke dermaga awal tempat berangkat.




Segitu aja cerita jalan2 ke pasar apungnya, seperti yg udah sempet g mention di atas, as icing on the cake nya, kita minta sama mas sopir van kita buat mampir di Big C supermarket n blanja blanji cemilan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar